Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Hubungan Sistem Informasi dengan Organisasi

Keterkaitan antara Sistem Informasi dengan sebuah organisasi sangatlah erat bahkan hampir tidak dapat dipisahkan karena didalam sebuah organisasi pasti banyak sekali dibutuhkan informasi yang penting untuk kinerja yang ada disebuah organisasi tersebut. Berikut penjabaran tentang apa hubungan antara Sistem Informasi dengan Organisasi.

Kita dapat melihat secara dekat hubungan antara Sistem Informasi dengan organisasi. Sebuah organisasi mempunyai dampak langsung terhadap teknologi informasi melalui keputusannya tentang bagaimana teknologi akan digunakan dan peran apa yang akan dimainkan dalam sebuah organisasi itu. Sistem Informasi telah menjadi bagian integral, on-line, yang secara mendalam berfungsi dalam operasi dari meni ke menit serta pengambilan keputusan organisasi. Dengan demikian sebuah organisasi sangatlah bergantung pada sistem informasi yang dijalani dan tidak akan bisa bertahan jika sebuah sistem ini runtuh.Organisasi yang mempengaruhi teknologi informasi adalah melalui keputusan tentang siapa yang akan mendesain, membangun, dan mengoperasikan teknologi didalam organisasi. Demikian pula sistem informasi mensyaratkan sub-unit organisasi khusus, spesialis informasi, serta kelompok pendukung lain.


Faktor-faktor lingkungan eksternal adalah faktor eksternal organisasi yang mempengaruhi adopsi dan desain sistem.Beberapa faktor lingkungan eksternal dapat dianggap sebagai batasan-batasan lingkungan. Namun pada saat yang sama, lingkungan juga menyediakan beberapa kesempatan kepada organisasi seperti teknologi baru, sumber modal baru,pengembangan proses produksi baru, program-program baru pemerintah yang dapat meningkatkan produk tertentu. Faktor internal organisasi yang mempengaruhi proses adopsi dan desain sistem informasi mencakup tata nilai, norma dan hal-hal penting yang dapat membentuk strategi atau membangun sebuah organisasi. Sistem Informasi manajemen ada 2 dasar pemecahan masalah :
1.  Sumber Daya Informasi Seorganisasi
Sistem Informasi Manajemen adalah suatu cara organisasi untuk menyediakan informasi dalam rangka pemecahan masalah. Sistem tersebut merupakan suatu komitmen format dari para eksekutif untuk menyediakan komputer sebagai alat bantu bagi manajer untuk memecahkan masalah.
2.  Identifikasi dan Pemahaman Masalah
Ide utama dibalik S.I.M adalah menjaga agar pasokan informasi mengalir terus ke manajer. Sistem Informasi Manajemen suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar