Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi

Program Studi Sistem Informasi adalah program studi yang mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan sistem informasi, seperti Algortima, Data dan Teknologi. Program Studi ini mempunyai prospek kerja yang cukup baik, karena disaat seperti sekarang ini dimana segala hal teknologi disekeliling kita semuanya berkaitan dengan sistem informasi.
So, program studi ini sangat cocok bagi kamu yang senang dengan oprek-oprek softaware komputer dan tertarik di bidang teknologi.
Semasa perkuliahan, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti : Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi, Algoritma dan Pemrograman, Matematika Diskrit, Sistem Operasi, Kalkulus dan Aljabar Linier, Pengembangan dan Implementasi Perangkat Lunak, dan lain sebagainya.

Dan inilah beberapa prospek kerja dari lulusan Sistem Informasi :
1. Analis Sistem / Analyst System
Analyst Sistem adalah orang yang bertugas untuk menganalisis segala hal tentang sistem operasi atau informasi dari suatu badan / lembaga / perusahaan yang menggunakan sistem tersebut. Seorang Analyst Sistem ini bisa secara khusus jadi bagian dari perusahaan tersebut, ataupun berdiri sendiri dan mengerjakan proyek analis sistem informasi si sebuah perusahaan.

2. IT Manager
Setiap perusahaan saat ini pasti tidak akan terlepas dari yang namanya sistem Informasi dan teknologi komputer yang mendukung lancarnya pekerjaan dari sebuah perusahaan. Lulusan dari Sistem Informasi juga di proyeksikan untuk bisa menjadi IT manajer karena dibekali kemampuan skill dan belajar juga manajemen, meskipun begitu tentu saja jika kamu seorang freh graduate tidak akan langsung begitu saja menjadi seorang IT Manajer, apalagi disebuah perusahaan yang besar.

3. Database Administrator
Selanjutnya, lulusan dari sistem informasi juga bisa bekerja sebagai Database Administrator atau yang lebih sering dikenal sebagai Admin yang memegang komputer dan mengelola data-data dari sebuah perusahaan, data-data ini harus diatur dan dirapikan untuk menunjang kemudahan informasi untuk bagian-bagian lain dari perusahaan tersebut.

4. Web Developer / Programmer
Web Developer ataupun Programmer sebenarnya merupakan dua hal yang berbeda, tapi memang sangat berkaitan. Web Developer adalah pekerjaan pemogramman yang berkaitan dengan proses membentuk atau membuat sebuah web/website. Menjadi Web Developer ini bisa saja bekerja mandiri atau freelance, atau bergabung dengan perusahaan jasa Web Developer.
Programmer ini adalah orang yang mengerjakan pengembangan sebuah perangkat lunak untuk berbagai kebutuhan. Sama halnya dengan Web Developer, tentu saja seorang programmer bisa bekerja mandiri maupun bergabung dengan perusahaan jasa pengmebang perangkat lunak ataupun sebuah perusahaan start up.

5. Konsultan IT
Saat ini dunia IT semakin besar dan membuat dunia IT ini sebagai salah satu bidang yang memerlukan banyak profesional, termasuk Konsultan IT. Konsultan IT ini merupakan orang/lembaga yang bergerak dibidang jasa pelayanan konsultasi tentang IT(Web Development, Software, Elektronik, Sistem Informasi dll). Kamu bisa mnejadi konsultan mandiri, maupun bekerja disebuah perusahaan Konsultan IT.

6. Peneliti
Sekarang dunia IT menjadi bisnis yang sangat besar, sehingga tentu saja dibutuhkan banyak penelitian untuk meningkatkan kualitas dari sebuah produk IT. Kamu bisa mnejadi seorang peneliti di sebuah perusahaan besar, yakni masuk ke bagian Research and Development, ataupun jika kamu ingin menjadi peneliti mandiri yang mengerjakan proyek penelitian untuk perusahaan-peruahaan/lembaga tentu saja bisa untuk kamu lakukan.

7. PNS
IT bukan saja berhubungan dengan perusahaan, tentu saja negara juga sangat berhubungan dengan IT. Jika kamu lulusan dari Sistem Informasi, kamu bisa langsung melamar CPNS di beberapa Instansi Pemerintahan, namun Instansi yang paling berkaitan dengan keahlian kamu adalah Kementrian Komunikasi dan Informatika.

8. Pengusaha
Menjadi seorang pengusaha adalah hak setiap otang, apalagi jika kamu mempunyai passion untuk menjadi seorang pengusaha. Tentu saja menjadi pengusaha di bidang IT adalah bidang usaha yang paling sesuai dengan skill dan ilmu yang kamu ketahui.

9. Dosen/Pengajar
Menjadi seorang Dosen atau Pengajar bisa saja menjadi passion bagi beberapa orang. Fresh Graduate yang mempunyai skill IT yang juga menjadi kebutuhan bagi banyak sekolah dari mulai Sekolah Dasar sampai dengan SMA, dan tentu saja jika kamu mau menjadi seorang Dosen saat ini kamu harus terlebih dahulu memiliki gelar S2.

Itulah beberapa prospek kerja dari lulusan Sistem Informasi, selain beberapa prospek kerja tersebtu tentu saja lulusan apapun bisa bekerja dibidang apapun sesuai dengan minat dan keahlian yang dimilikinya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar